Cara Simpel Menjaga Jantung Tetap Sehat

Cara Simpel Menjaga Jantung Tetap Sehat
Cara sederhana menjaga jantung tetap sehat. Foto: istimewa

jpnn.com - PENYAKIT jantung membunuh 17,1 juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Menjaga jantung agar selalu sehat adalah salah satu syarat utama untuk hidup lebih lama. Untungnya, menjaga jantung agar tetap sehat bukanlah suatu hal yang mustahil dikerjakan.

Hanya lima menit melakukan aktivitas ringan ini dapat melindungi jantung anda dari efek berbahaya duduk berkepanjangan, sebuah studi dari Indiana University menemukan.

Dalam studi tersebut, orang-orang yang duduk tanpa menggerakkan tubuh mereka akan mengalami penurunan 50 persen dari fungsi arteri di kaki mereka hanya dalam waktu satu jam. Dan itu penting, karena gangguan fungsi pembuluh darah merupakan faktor risiko utama untuk masalah jantung.

Tapi ketika orang-orang mengambil istirahat setiap jam selama lima menit berjalan kaki, mereka tidak menunjukkan penurunan fungsi arteri mereka selama tiga jam.

"Duduk untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan darah di kaki anda menjadi lebih tebal dan lengket. Ketika itu terjadi, peradangan dapat terjadi, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi arteri. Tapi berjalan meningkatkan dapat meningkatkan aliran darah anda dan mencegah meningkatkan ketebalan," kata penulis studi Saurabh S. Thosar, Ph.D, seperti dilansir laman Men's Health, Selasa (11/11).

Jadi sebaiknya anda meluangkan waktu lima menit saja setiap jam misalnya, berjalan-jalan ke kamar mandi atau apa saja yang akan membuat anda tetap bergerak untuk lima menit. (fny/jpnn)


PENYAKIT jantung membunuh 17,1 juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Menjaga jantung agar selalu sehat adalah salah satu syarat utama untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News