Kamis, 22 Agustus 2019 – 14:13 WIB

Cara Tepat yang Cepat Atasi Batuk Berdahak

Senin, 06 Mei 2019 – 04:03 WIB
Cara Tepat yang Cepat Atasi Batuk Berdahak - JPNN.COM

jpnn.com - Batuk bisa terjadi pada siapa saja. Keluhan yang satu ini memang tidak pandang bulu, dan sering menyebabkan gangguan pada orang yang mengalaminya. Meski begitu, tahukah Anda bahwa batuk merupakan mekanisme perlindungan tubuh yang bertujuan untuk mengeluarkan benda yang masuk ke saluran pernapasan?

Faktanya, terdapat sensor di sepanjang saluran pernapasan yang dapat mengenali benda yang asing bagi saluran pernapasan. Jika muncul, sensor tersebut akan 'melapor' ke otak akan adanya benda yang berpotensi merugikan.

Sebagai akibatnya, otak akan mengirim pesan kepada otot di area dada dan perut untuk melakukan kontraksi secara cepat. Kontraksi yang terjadi menghasilkan pengeluaran udara secara konstan, yang dikenal sebagai batuk.

Namun demikian, batuk juga dapat menjadi tanda dari adanya penyakit. Misalnya saja batuk berdahak, di mana terjadi batuk disertai produksi dahak yang berlebih.

Keluhan ini sering mengganggu saat malam hari atau saat baru bangun tidur akibat akumulasi dahak di tenggorokan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan batuk berdahak, dan salah satu yang paling umum adalah flu. Penyebab lain dari batuk berdahak mencakup bronkitis, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan lainnya.

Mengatasi batuk berdahak

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi keluhan batuk berdahak, atau untuk membantu Anda menjadi lebih nyaman saat terserang batuk berdahak. Beberapa cara yang dimaksud, yaitu:

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar