Rabu, 19 Desember 2018 – 08:42 WIB

Cara Unik Pengingat Informasi ISO di Kamera

Selasa, 09 Oktober 2018 – 17:57 WIB
Cara Unik Pengingat Informasi ISO di Kamera - JPNN.COM

jpnn.com - Sebelum layar LCD pada kamera muncul, satu-satunya cara agar dapat mengetahui informasi kecepatan film pada kamera adalah mengingatnya, memiliki dial pada kamera, ditentukan di bagian belakang kamera.

Namun, tidak semua kamera memiliki dial ISO atau tempat untuk meletakkan informasi tersebut. Bahkan jika fotografer melakukannya, beberapa di antaranya memiliki pilihan rentang ISO yang terbatas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, fotografer Guy Sie melakukan kustomisasi hotshoe yang dicetak secara 3D dengan tingkat ISO umum di bagian atas sehingga Anda dengan mudah memeriksa kecepatan film yang diisi di dalam kamera Anda.

"Pada kamera rangerfinder Leica M3 saya, dial indikator kecepatan ISO film di belakangnya hanya bisa naik hingga 200. Itu adalah kecepatan tercepat pada saat itu. Dengan kecepatan film lebih dari ISO 200, saya harus mengingat kecepatan ISO film. Oleh karena itu, saya memodifikasi penutup hotsoe dengan menambahkan nomor ISO. Dengan demikian saya tidak akan lupa ISO film yang ada di dalam kamera,” ujar Guy Sie.

Indikator kecepatan kustomisasi tersebut terdiri dari ISO 100, 125, 160, 200, 320, 400, 800, 1600, dan 3200. Memanfaatkan teknologi printer 3D membuat bentuknya menjadi menonjol.

Anda juga dapat menambahkan warna lain untuk ditonjolkan angka dengan menggunakan spidol permanen.

File-file penutup hotshoe milik Sie dapat diunduh secara gratis melalui Thingaverse jika Anda ingin membuat juga memiliki printer 3D. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar