Cari Pengganti Azwar Anas, PDIP Butuh Isyarat dari Langit

Cari Pengganti Azwar Anas, PDIP Butuh Isyarat dari Langit
Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan berada di posisi tidak aman di Pilgub Jatim. Selasa (9/1) ini adalah hari terakhir buat partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu menyerahkan nama pengganti Abdullah Azwar Anas ke PKB.

Anas mundur dari pencalonannya sebagai pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul). "Masih ada waktu untuk memilih pengganti," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Senin (8/1) kemarin.

Hasto bukannya tak sadar dengan batas waktu yang harus dipenuhi partainya menyodorkan nama pengganti Anas ke PKB. Namun, pria berkacamata ini optimistis, koalisi PDIP dengan PKB tak akan pecah.

"Kami terus berdoa (mencari pengganti Anas), sambil menunggu isyarat langit,” kelakar Hasto saat keluar dari rumah Megawati Seokarnoputri, di Jalan Teuku Umar kemarin.

Hasto menegaskan, PDI Perjuangan akan menyodorkan sosok pengganti yang bisa bekerja sama dengan Gus Ipul, yaitu, sosok yang berprestasi dan punya kinerja baik di pemerintahan.

Bisa saja sosok itu berasal dari unsur TNI, Polri, tokoh media, dan kepala daerah. Yang tidak mungkin adalah PDIP mengusung calon dari luar, padahal partainya punya calon internal. Jika hal itu terjadi, fungsi kaderisasi kepemimpinan partai akan dipertanyakan. (lum/bay/c10/oni)


Setelah Azwar Anas mundur, bacawagub Jatim dari PDIP bisa dari unsur TNI, Polri, tokoh media atau kepala daerah.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News