Cari Solusi Problem Visa

Cari Solusi Problem Visa
Foto: REUTERS/Mieczyslaw Michalak/Agencja Gazeta
BUKAN hanya infrastuktur saja yang menjadi perhatian Polandia dan Ukraina jelang Euro 2012. Pelaksanaan turnamen empat tahunan tersebut di dua negara berimbas pada sibuknya arus keluar dan masuk di perbatasan dua negara itu.

Bahkan juga mempengaruhi beberapa negara tetangga, seperti Jerman, Republik Ceko, dan Slovakia. Tak masalah bila kedua negara terlibat dalam perjanjian Schengen alias visa bersama untuk sederet negara yang tergabung dalam Uni-Eropa.

Masalahnya, Polandia memang sudah tergabung dalam Uni-Eropa dan masuk dalam negara yang terikat perjanjian Schengen. Jadi, kalau memiliki visa Polandia, maka bisa melintas juga ke beberapa negara tetangga di Eropa yang tergabung dalam perjanjian Schengen.

Hanya, Ukraina justru tidak termasuk di dalamnya. Karena itu, saat ini Polandia sedang mencari solusi mengatasi problem tersebut. "Kami akan memfasilitasi visa bagi orang-orang yang terlibat dalam turnamen," ungkap Jan Borkowski, deputi menteri luar negeri Polandia, seperti dikutip AFP.

BUKAN hanya infrastuktur saja yang menjadi perhatian Polandia dan Ukraina jelang Euro 2012. Pelaksanaan turnamen empat tahunan tersebut di dua negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News