Catalunya Diserang 2 Kali, 5 Pelaku Tewas dalam Baku Tembak di Teror Kedua

Catalunya Diserang 2 Kali, 5 Pelaku Tewas dalam Baku Tembak di Teror Kedua
Ratusan orang terluka dan 13 tewas usai sebuah van menyerang di jalan protokol pusat Kota Barcelona. Foto: AP

jpnn.com, BARCELONA - Dua aksi teror terjadi di Catalunya dengan jarak waktu kejadian hanya sekitar delapan jam. Pertama di Las Ramblas, jantung Kota Barcelona, Kamis (17/8) sekitar pukul lima sore waktu setempat.

Serangan kedua masih di region Catalunya, tepatnya di Cambrils, kawasan resor tepi pantai, Jumat (18/8) dini hari.

Aksi di jalan Las Ramblas memakan korban 13 tewas dan lebih dari seratus orang terluka. Kejadian ini dipicu sebuah van yang menabrak orang-orang di jalan raya terkenal di Barcelona. Van putih melaju zigzag, sengaja menghantam pejalan kaki yang mayoritas adalan para wisatawan.

(Begini Pengakuan Tersangka Teror Barcelona)

(Teror di Barcelona, 13 Tewas, 100 Orang Terluka)

Sekitar delapan jam kemudian, sebuah mobil Audi A3 menabrak pejalan kaki di Cambrils, sekitar 110 km barat daya Barcelona.

Enam warga sipil terluka, satu kritis dan seorang petugas terluka. Dari laporan terakhir, di sini sempat terjadi baku tembak.

Lima penyerang, beberapa di antaranya disebut memakai sabuk bom bunuh diri, tewas dalam kontak senjata dengan polisi. Setelah diperiksa, sabuk bom bunuh diri ternyata palsu.

Dua aksi teror terjadi di Catalunya dengan jarak waktu kejadian hanya sekitar delapan jam. Pertama di Las Ramblas, jantung Kota Barcelona, Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News