Catat, Inilah Pesan Kongres Bahasa Indonesia XII untuk Kemajuan Bangsa

Catat, Inilah Pesan Kongres Bahasa Indonesia XII untuk Kemajuan Bangsa
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz menyampaikan kongres ke-12 ini sebagai tindak lanjut atas rekomendasi pada KBI XI tahun 2018. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali akan melaksanakan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz menyampaikan kongres ke-12 ini sebagai tindak lanjut atas rekomendasi pada KBI XI tahun 2018 sekaligus menjaga momentum penyelenggaraan KBI untuk mengevaluasi dan merancang kebijakan pengembangan serta pembinaan bahasa di Indonesia.

KBI XII mengusung tema “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” yang selaras dengan tiga program prioritas Badan Bahasa, yaitu revitalisasi bahasa dan sastra daerah, literasi bahasa dan sastra Indonesia, serta internasionalisasi bahasa Indonesia.

Aminudin menyampaikan tema dan subtema KBI XII bersama topiknya masing-masing akan dibahas secara komprehensif oleh para pembicara utama, pemakalah, dan peserta dari beragam kalangan dalam berbagai aktivitas berkongres yang dilaksanakan secara luring dan daring.

Berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan melalui kongres ini, semua unsur pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran tentang informasi terkini seputar penanganan bahasa, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa daerah yang ada di Indonesia.

KBI XII diharapkan dapat menghasilkan putusan-putusan sebagai penentu arah kebijakan nasional kebahasaan dan kesastraan yang adaptif dan strategis.

“Selama perjalanannya, KBI telah mewarnai perkembangan bahasa dan sastra Indonesia. Berbagai kebijakan yang berdampak pada berkembangnya peraturan perundang-undangan, pedoman dan acuan, program dan kegiatan, hingga produk dan layanan kebahasaan dan kesastraan telah dilahirkan melalui kongres ini,” terang Aminudin dalam taklimat media di Jakarta, Rabu (25/10).

Pada acara Pameran Kebahasaan dan Kesastraan, ditampilkan produk dan layanan yang dibuat oleh satuan kerja di lingkungan Badan Bahasa, baik di pusat maupun Unit Pelaksana Teknis yang tersebar di 30 provinsi.

Kongres Bahasa Indonesia ke-12 mengusung literasi dalam kebinekaan untuk kemajuan bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News