JPNN.com

Catat! KSPI Butuh Solusi dari Ancaman PHK Ketimbang New Normal, Bamsoet Bilang Begini

Jumat, 29 Mei 2020 – 23:12 WIB Catat! KSPI Butuh Solusi dari Ancaman PHK Ketimbang New Normal, Bamsoet Bilang Begini - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendorong pemerintah, pengusaha, serta perwakilan buruh melalui Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) untuk berdialog mencari solusi terhadap ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi pekerja.

Sebab, kata Bambang, grafik kasus Covid-19 masih terus meningkat hingga saat ini dan menyebabkan potensi makin bertambahnya gelombang PHK.

“Saya mendorong pemerintah memberikan dukungan kepada pengusaha dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 agar gelombang PHK dapat dikurangi, dengan harapan para buruh ke depannya dapat kembali bekerja," kata Bambang, Jumat (29/5).

Hal ini diungkap Bamsoet terkait KSPI yang menegaskan bahwa kelompok buruh lebih memerlukan solusi untuk ancaman gelombang PHK dibandingkan kebijakan new normal.

Menghadapi situasi di mana sedang terjadi PHK besar-besaran, yang dibutuhkan bukan new normal tetapi mempersiapkan solusi terhadap ancaman PHK," kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5).

Lebih lanjut Bambang Soesatyo mendorong kebijakan new normal dapat dikaji kembali secara mendalam, terutama dalam menentukan nasib pekerja yang telah terdampak PHK. "Serta memperhatikan tingkat penyebaran Covid-19 di setiap daerah," ungkap mantan ketua DPR itu.

Bamsoet juga mendorong pemerintah mengutamakan dan fokus pada pendistribusian bantuan langsung tunai (BLT), pemberian bantuan non-tunai, maupun subsidi upah pada masyarakat.(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri