Catat! Puncak Arus Balik Nataru, Jangan Sampai Terjebak Macet

Catat! Puncak Arus Balik Nataru, Jangan Sampai Terjebak Macet
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Dkumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menyampaikan prediksi puncak arus balik Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan puncak arus balik nataru akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

"Kalau sebelum tahun baru mungkin (arus mudik) tidak terlalu banyak karena memang banyak yang sudah mudik. Tapi nanti di tanggal 1 dan 2 (Januari 2024) terjadi puncak," kata Budi Karya usai meninjau Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta pada Senin (25/12).

Budi Karya pun meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian untuk membuka penjualan tiket lebih awal agar pelayanan kepada para pemudik dapat berlangsung baik.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa puncak arus mudik di hampir semua jalur terjadi pada 23 sampai 24 Desember, kecuali jalur laut yang berlangsung lebih lama.

Menurutnya, Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencatat jumlah pergerakan pemudik pada Senin mengalami penurunan.

Budi Karya mengatakan beberapa titik yang berpotensi mengalami kepadatan seperti Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Tol Cipali dan Bandara Soekarno-Hatta juga terpantau lebih landai dari perkiraan Kementerian Perhubungan.

"Setelah kita melakukan pengamatan terhadap tempat-tempat kita identifikasi dengan kemacetan yang tinggi dan punya problem yaitu di Merak, Ketapang, Cipali, Soetta (Soekarno-Hatta) ternyata semua berjalan dengan baik," ujar Budi Karya.

Kementerian Perhubungan menyampaikan prediksi puncak arus balik Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News