CATAT! Seberapa Sering Gerhana Matahari Terjadi?

CATAT! Seberapa Sering Gerhana Matahari Terjadi?
Gerhana Matahari, Rabu (9/3). FOTO: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DENPASAR – Hari ini gerhana matahari total (GMT) melintas di wilayah Indonesia. Bali juga dilintasi meski hanya bisa disaksikan 76,5 persen.

Pertanyaannya, seberapa sering gerhana matahari terjadi? Gerhana matahari dapat terjadi hingga lima kali dalam setahun, meskipun fenomena ini cukup langka. NASA menyimpan daftar gerhana yang telah lalu dan gerhana yang akan datang. Menurut NASA, dalam 5.000 tahun terakhir hanya ada 25 tahun yang memiliki 5 gerhana matahari.

Seperti dilaporkan Bali Express, setiap gerhana dapat dilihat dari lokasi yang berbeda-beda. Misalnya, pada tahun 2015 gerhana matahari total dapat dilihat dari Inggris, tetapi orang-orang di Inggris tidak akan dapat melihat yang berikutnya lagi sampai tahun 2090.

Bagi mereka yang berada di wilayah yang lebih jauh ke barat atau timur di Eropa dan Amerika, hari sudah akan malam, sehingga matahari tidak akan terlihat.(mus/fri/jpnn)

DENPASAR – Hari ini gerhana matahari total (GMT) melintas di wilayah Indonesia. Bali juga dilintasi meski hanya bisa disaksikan 76,5 persen.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News