Catat Sejarah Fenomenal, Timnas Voli Putra Tantang Juara Bertahan di Semifinal

Catat Sejarah Fenomenal, Timnas Voli Putra Tantang Juara Bertahan di Semifinal
Pelatih timnas voli putra, Samsul Jais telah mengantongi starting line up terbaik. Foto: Twitter @JPEVolley

jpnn.com, GRESIK - Indonesia membuat kejutan di ajang tertinggi kejuaraan voli putra Asia. Untuk pertama kalinya sejak ajang ini digelar 42 tahun yang lalu, timnas lolos ke semifinal.

Dalam pertandingan perempat final 19th Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7) malam, tim asuhan Samsul Jais menundukkan tim peringkat tujuh dunia, Iran, dengan skor tipis 3-2 (18-25, 18-25, 25-23, 26-24, 15-11). Ya, Indonesia menang setelah lebih dahulu tertinggal 0-2.

"Pencapaian Indonesia sudah memenuhi target, bahkan lebih. Malam ini di Gresik, kami menorehkan sejarah dengan masuk babak semifinal," kata Manajer Indonesia Nanang Masbudi dengan penuh rasa bangga.

Nanang mengingatkan, target awal Indonesia adalah masuk ke babak delapan besar. Artinya, bisa menembus empat besar adalah suatu hal yang luar biasa.

Nanang menambahkan, kemenangan atas Iran adalah jawaban bagi tim-tim besar yang selama ini meremehkan Indonesia. Maklum, Indonesia bukan negara kuat di dunia bola voli. Tim putra Indonesia hanya menduduki peringkat 42 di FIVB World Ranking. Sedangkan di tingkat Asia, Indonesia duduk di peringkat 12 di bawah Thailand.

"Alhamdulillah malam hari ini kami bisa membalikkan prediksi orang dan tim-tim lain yang menganggap kami paling terbawah (lemah) di antara tim-tim yang lolos ke delapan besar," tutur Nanang.

Sementara buat pelatih Indonesia Samsul Jais, hasil pertandingan lawan Iran membuatnya memiliki gambaran skuat terbaik di SEA Games 2017 nanti.

"Malam ini adalah bayangan tim yang masuk starting line up dan pemain penggantinya. Artinya, saya paham betul siapa yang bisa menjadi cadangan dan siapa yang bisa main pertama," aku Samsul kepada awak media selepas pertandingan.

Indonesia membuat kejutan di ajang tertinggi kejuaraan voli putra Asia. Untuk pertama kalinya sejak ajang ini digelar 42 tahun yang lalu, timnas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News