Catatan Akhir Tahun dari FDS UI, Peta Politik Pradeklarasi Anies dan Koalisi

Catatan Akhir Tahun dari FDS UI, Peta Politik Pradeklarasi Anies dan Koalisi
FDS UI memiliki catatan akhir tahun soal peta informasi digital pradeklarasi Anies Baswedan hingga kandidat capres-cawapres terpopuler. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - FDS UI memiliki catatan akhir tahun yang berisi informasi digital pra deklarasi Anies Baswedan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) hingga kandidat capres-cawapres terpopuler.

CEO FDS UI Rulli Nasrullah menyatakan pradeklarasi sebagai calon presiden NasDem, Anies Baswedan sudah menjadi kandidat capres paling populer di media sosial selama bulan September 2022.

"Anies dengan 478.942 mention, meninggalkan jauh Ganjar dengan 264.545, Puan 174.435, dan Prabowo dengan 114.649 mention. Popularitas Anies ini cenderung konsisten dan terus meningkat sejak Juli 2022," kata Rulli dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12).

Dia menyebutkan kandidat cawapres paling populer di ruang siber pradeklarasi Anies ialah Agus Harimurti Yudhoyono berada di posisi terdepan selama bulan September 2022 dengan 382.438 mention.

"Erick Thohir di posisi kedua dengan 302.832, diikuti Muhaimin Iskandar 41.474, dan Airlangga Hartarto dengan 24.764 mention," lanjutnya.

Dia menjelaskan popularitas AHY mengalami peningkatan secara konsisten sejak Juli dan drastis melonjak di bulan September 2022.

"Pemicunya adalah kritik keras Agus kepada pemerintah terkait naiknya harga-harga kebutuhan pokok dan bbm, pembangunan infrastruktur yang cenderung gunting pita saja, dan berbagai kebijakan lainnya," jelasnya.

Rulli menjelaskan pascadeklarasi Anies Baswedan oleh NasDem, terjadi pergerakan peta koalisi yang memberikan dampak cukup signifikan bagi perpolitikan nasional. 

FDS UI memiliki catatan akhir tahun soal peta informasi digital pradeklarasi Anies Baswedan hingga kandidat capres-cawapres terpopuler

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News