Catok Rambut Paling Sering Timbulkan Luka Bakar pada Anak

Catok Rambut Paling Sering Timbulkan Luka Bakar pada Anak
Catok Rambut Paling Sering Timbulkan Luka Bakar pada Anak

jpnn.com - BANYAK hal bisa menjadi penyebab luka bakar. Mulai dari knalpot sepeda motor, hingga kebakaran besar. Namun, ada hal paling dekat di sekitar kita yang berbahaya dan bisa menimbulkan luka bakar pada anak.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa catok rambut dan cangkir panas merupakan penyebab tertinggi luka bakar pada anak. Catok atau setrika rambut untuk meluruskan maupun mengeritingkan rambut dianggap bertanggung jawab atas 1 dari 20 kasus luka bakar pada anak yang berujung pada perawatan di rumah sakit. Para peneliti yang melakukan survei ini mengingatkan bahwa catok rambut kadang-kadang ditinggalkan dalam kondisi panas tanpa pengawasan.

Anak-anak rentan mengalami cedera karenanya, sebab suhunya kadang masih mencapai 80 derajat celcius hingga 8 menit setelah dimatikan. Bila tanpa sengaja terpegang oleh anak-anak, maka risiko untuk terjadinya luka bakar bisa lebih besar dibandingkan pada orang dewasa. Salah satu alasannya adalah kulit anak-anak 15 kali lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa.

Penelitian yang dilakukan Archives of Diseases in Childhood ini juga mengungkap, mug alias cangkir kopi yang masih panas menjadi penyebab terbanyak kedua luka bakar pada anak. Pada anak-anak usia 5 tahun ke bawah (balita), 55 persen kasus luka bakar disebabkan oleh cangkir panas.

Hampir setengah dari kasus yang diamati bermula saat anak-anak mengambil cangkir panas lalu menumpakan isinya ke wajah, lengan, dan tubuh bagian atas. Dalam penelitian ini, balita termuda yang mengalami luka bakar akibat cangkir panas masih berusia 8 bulan.

"Sementara benda-benda tersebut memang harus dijauhkan dari jangkauan anak, ada kemungkinan juga untuk melakukan modifikasi pada desain produk untuk memastikan keamanannya pada anak," kata Alison Mary Kemp, peneliti di Archives of Diseases in Childhood seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (2/3).(fny/jpnn)


BANYAK hal bisa menjadi penyebab luka bakar. Mulai dari knalpot sepeda motor, hingga kebakaran besar. Namun, ada hal paling dekat di sekitar kita


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News