CCTV Gantikan Pengawas Saat UNBK

CCTV Gantikan Pengawas Saat UNBK
Siswa SMA simluasi UNBK. Ilustrasi Foto: Denar/Kalteng Pos/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Seluruh siswa kelas XII SMK mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) serentak secara nasional mulai kemarin (2/4) hingga Kamis (5/4).

UNBK memang tidak digunakan sebagai penentu kelulusan. Namun, siswa diharapkan tetap serius mengerjakan soal.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur Saiful Rachman meninjau pelaksanaan ujian hari pertama itu di SMKN 2.

Ujian dibagi dalam tiga sesi. Setiap sesi dua jam. Sesi pertama dimulai pukul 07.30. Begitu tiba, Soekarwo berkeliling ke ruang ujian.

Pelaksanaan berjalan lancar. Artinya, soal bisa diunduh sekolah tepat waktu. Tidak ada kendala teknis yang dialami siswa sampai waktu ujian berakhir.

Siswa mengerjakan soal dengan sistem semi-online. Server sekolah mengunduh soal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Setelah disimpan di server sekolah, soal disalurkan ke komputer setiap siswa dengan sistem offline. Sebaliknya, sekolah mengunggah jawaban siswa kembali ke panitia pusat secara online.

"Pelaksanaan lancar saya lihat tadi (kemarin, Red). Semuanya sudah berbasis teknologi," ungkap gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Tidak ada pengawas saat berlangsungnya UNBK karena telah diganti dengan penggunaan CCTV.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News