Cedera Tak Kunjung Sembuh, Park Gantung Sepatu

Cedera Tak Kunjung Sembuh, Park Gantung Sepatu
Cedera Tak Kunjung Sembuh, Park Gantung Sepatu

jpnn.com - SEOUL - Satu per satu pemain level dunia memutuskan untuk pensiun dari lapangan bola jelang Piala Dunia Brasil 2014. Jika sebelumnya bek timnas Inggris Ashley Cole memutuskan untuk pensiun dari sepak bola Internasional setelah tidak dipanggil dalam skuad Inggris.

Kali ini, Park Ji-sung, pemain timnas Korea memilih jalan yang sama, pensiun dari sepak bola.
    
Hanya saja, alasan mantan bintang Manchester United dan PSV Eindhoven ini memilih pensiun bukan karena tidak mendapat tiket ke final, melainkan cedera kambuhan pada lututnya yang tak kunjung sembuh. Sadar dengan kondisi fisik yang kian menurun, Park pun memilih untuk gantung sepatu.
    
"Saya tidak menangis tentang hal itu kemarin, dan saya pun tidak menangis tentang hal itu hari ini. Itu berarti, saya akan pergi dari dunia yang sudah membesarkan nama saya sekian lama ini tanpa sedikitpun penyesalan," kata pemain berusia 33 tahun itu seperti dilansir oleh Mirror.
    
Sepanjang karirnya, Park pernah membela empat klub professional, yaitu Kyoto Purple Sanga satu musim, bergabung dengan PSV Eindhoven lima tahun di Eredevise Belanda, serta Manchester United tujuh musim beruntun. Dua tahun terakhir, Park memilih berlabuh dengan Queens Park Rangers sebelum akhirnya dipinjamkan ke PSV Eindhoven.    
    
Namun, gelandang serang yang terkenal sangat gesit tersebut berhasil menemukan performa terbaiknya bersama bersama Red Devils -julukan Manchester United.

Ya, Park berhasil membawa pulang empat gelar Premier League, tiga gelar Piala Liga, dua kali juara Community Shield dan Liga Champin serta juara Piala Dunia antar klub masing-masing satu kali ke Old Trafford, markas Manchester United.
    
Selain itu, Park juga sudah 100 kali membela timnas Korea sejak 2000 silam di semua ajang kompetisi internasional. Pemain dengan tinggi 1,75 meter ini pun, berhasil menyumbangkan 13 gol, jumlah yang lumayan banyak untuk pemain dengan posisi gelandang.
    
"Saya sangat menikmati semua waktu saya dalam dunia sepak bola. Karena apa yang saya capai selama ini, sudah melebihi dari yang saya pikirkan sebelumnya. Saya benar-benar berterimakasih atas semua dukungan yang saya terima selama ini. Setelah ini, saya akan terus berpikir bagaimana bisa membayar semua itu kembali," lanjut pemain yang sudah membukukan 434 pertandingan sepanjang karirnya itu.
    
Park memulai karir sepak bola Profesionalnya pada awal 2000 dengan bergabung bersama Kyoto Purple Sanga di kompetisi Korea. Tiga tahun di sana, Park mencoba peruntukan sepak bola di level Internasional dan bergabung dengan PSV di Eredevisie Belanda.
     
Bersama tim yang ketika itu dilatih oleh Guus Hiddink tersebut, Park sukses menunjukan talentanya setelah tampil di Liga Champions musim 2005-2005. Penampilan apiknya tersebut membuat ngiler Sir Alex Ferguson, pelatih Manchester United saat itu. Ferguson menawarkan 4 juta poundsterling (Rp 77,5 miliar) untuk mendatangkan Park ke Old Trafford.
       
Di bawah kenadi Ferguson, Park berhasil menjalani 205 penampilan untuk Red Devils selama tujuh musim dan mencetak 27 gol, sebelum akhirnya bergabung dengan Queen Park Rangers (QPR) pada tahun 2012. Di QPR, Park hanya mencatat 20 caps karena tim tersebut terdegradasi dari Premier League Inggris. Setelah itu, dia dipinjamkan ke PSV pada musim panas lalu. (dik)


Berita Selanjutnya:
Garuda Muda Pantang Defensif

SEOUL - Satu per satu pemain level dunia memutuskan untuk pensiun dari lapangan bola jelang Piala Dunia Brasil 2014. Jika sebelumnya bek timnas Inggris


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News