Cegah Abrasi, Prajurit TNI AL Gandeng Warga Tanam Mangrove

Cegah Abrasi, Prajurit TNI AL Gandeng Warga Tanam Mangrove
Prajurit Lantamal XII Pontianak bersama-sama masyarakat dan anggota Saka Bahari menanam pohon mangrove di wilayah pantai Dusun Mendalok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, PONTIANAK - Untuk mencegah abrasi dan menjaga ekosistem wilayah pantai, Prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Lantamal XII) Pontianak melaksanakan penanaman pohon mangrove di Dusun Mendalok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar). Dalam kegiatan tersebut, Lantamal XII Pontianak menggandeng warga masyarakat dan anggota Saka Bahari.

Kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut melibatkan Prajurit Lantamal XII Pontianak, khususnya yang bertugas di Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat) di bawah jajaran Lantamal XII Pontianak.

Dalam kegiatan tersebut, Lantamal XII Pontianak mengajak masyarakat setempat untuk membudidayakan dan menanam pohon mangrove guna menjaga ekosistem dan mencegah abrasi di wilayah pantai dan mengantisipasi pemanasan global warming (pemanasan global).

Menurut Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal XII Pontianak Letkol Laut (KH) Mulyono, hutan Mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya abrasi dan pemanasan global, sehingga upaya pelestariannya perlu terus digalakkan. Pihaknya berharap kegiatan itu dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, dan kedepannya generasi penerus dapat menikmati panorama laut Indonesia yang indah dengan hutan mangrove yang berada di sekelilingnya.

“Untuk saat ini, pohon mangrove itu masih dalam proses penanaman, tapi beberapa tahun ke depan suasana sejuk akan dapat dirasakan oleh masyarakat dan nelayan serta bermanfaat sekali untuk tempat bersarangnya habitat ikan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan Lantamal XII Pontianak tersebut telah memberikan kontribusi positif bagi pencegahan terjadinya pemanasan global.(fri/jpnn)


Untuk mencegah abrasi dan menjaga ekosistem wilayah pantai, Prajurit Lantamal XII Pontianak melaksanakan penanaman pohon mangrove


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News