Cegah Karhutla, Pemprov Kalteng Gelar Apel Siaga  

Cegah Karhutla, Pemprov Kalteng Gelar Apel Siaga  
Pemprov Kalteng Gelar Apel Siaga. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, PALANGKA RAYA -  

Pemerintah Pusat bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi pada wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi peningkatan intensitas karhutla.

Sebagai langkah pencegahan, sejumlah pemerintah daerah menggelar Rapat Koordinasi dan Apel Kesiapsiagaan.

Salah satunya Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kota Palangkaraya dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran.

“Pengendalian karhutla menjadi tanggung jawab semua pihak. Pemerintah Kalimantan Tengah telah menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla sehingga komando hendaknya bisa berjalan cepat tanggap dan sinergis termasuk TNI dan POLRI,” tegas Sugianto.

Dalam acara yang diikuti oleh kurang lebih 1.000 orang peserta ini, Gubernur Kalimantan Tengah mengungkapkan kembali komitmen "Kalteng Bebas Asap".

Untuk mewujudkan komitmen ini, Sugianto Sabran menginstruksikan agar seluruh pihak bersinergi dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla sebagaimana arahan Presiden RI.

Dalam kesempatan ini, Sugianto juga meminta agar Bupati/Walikota dan juga masyarakat, Lembaga/Perusahaan Pemegang Ijin Usaha, serta tokoh adat serta agama turut mendukung upaya pengendalian karhutla melalui partisipasi aktif dalam setiap kegiatan pencegahan ataupun pemadaman.

Apel Siaga Pengendalian Karhutla ini juga bentuk dukungan Provinsi Kalimantan Tengah terhadap penyelenggaraan Event Asian Games 2018 di Palembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News