Cegah Osteoporosis, Komunitas Sopir Truk Ganjar Ajak Emak-Emak Senam

Cegah Osteoporosis, Komunitas Sopir Truk Ganjar Ajak Emak-Emak Senam
Lawan mager, Komunitas Sopir Truk Ganjar mengajak emak-emak cegah osteoporosis lewat senam sehat. Foto: Tim media Ganjar Pranowo

jpnn.com, INDRAMAYU - Komunitas Sopir Truk (KST) Jawa Barat dukung Ganjar mengajak emak-emak dari berbagai desa dan kecamatan untuk aktif bergerak melalui agenda senam sehat bersama di Desa Situraja, Kecamatan Situraja, Kabupaten Indramayu, Kamis (7/9).

Koordinator Wilayah KST Jabar dukung Ganjar Willy Shadli mengatakan kesadaran akan pola hidup sehat merupakan hal yang perlu ditanamkan.

Apalagi untuk mencegah silent disease atau penyakit tak bergejala seperti osteoporosis.

Osteoporosis (tulang keropos) merupakan suatu kondisi di mana tulang mengalami penurunan jumlah massa serta penipisan.

"Jadi, kegiatan pada sore hari ini pada tanggal 7 September 2023 di Kabupaten Indramayu kami mengagendakan senam sehat emak-emak. Tujuannya yang pertama adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bagi emak-emak karena yang di mana ibu-ibu ataupun emak-emak riskan sekali osteoporosis," ucap Willy lewat keterangan.

Berdasarkan data International Osteoporosis Foundation menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria dengan usia 50 tahun ke atas di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini. Hal ini menunjukkan bahwa wanita lebih rentan mengalami osteoporosis dibanding pria.

Data kemenkes RI mencatat prevalensi osteoporosis di Indonesia sebesar 23% pada wanita berusia 50-80 tahun, dan 53% pada wanita berusia 80 tahun keatas.

Dengan berolahraga seperti senam secara rutin mampu meningkatkan massa tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis serta mencegah terjadinya patah tulang akibat terjatuh maupun kecelakaan.

Komunitas Sopir Truk Ganjar mengajak emak-emak senam untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News