Cegah Penularan COVID-19, Petugas Terminal Juga Jalani Swab Test PCR

Cegah Penularan COVID-19, Petugas Terminal Juga Jalani Swab Test PCR
Ilustrasi - Calon penumpang menjalani tes cepat antigen COVID-19 di Stasiun Madiun, Jawa Timur, Rabu (23/12/2020). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc)

jpnn.com, MADIUN - Manajemen Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun, Jawa Timur melakukan tes usap atau swab test PCR terhadap 45 petugas guna mencegah penularan COVID-19 dalam pelayanan masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

"Tes usap ini dalam rangka layanan menyambut momentum Nataru 2020/2021 demi keamanan dan keselamatan petugas terminal," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Purboyo Kota Madiun Suyatno di Madiun, Rabu.

Menurut Suyatno, para petugas itu menjalani swab test karena mereka selalu berinteraksi dengan penumpang dari berbagai lapisan masyarakat.

"Makanya ini dilakukan tes usap PCR yang hasilnya lebih akurat," ujarnya.

Tes usap tersebut baru pertama kali dilakukan di lingkungan pegawai Terminal Madiun. Hal itu menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur.

Meski baru pertama kali dilakukan, namun seluruh petugas terminal setempat sebelumnya secara berkala telah menjalani rapid test atau tes cepat deteksi COVID-19 antibodi.

Adapun, hasil tes usap itu akan diketahui dalam 5-7 hari ke depan. Pihaknya berharap semua petugas Terminal Purboyo sehat, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat.

Ia juga meminta masing-masing petugas terminal disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3 M. Para pegawai setiap bulannya juga mendapat paket vitamin ataupun suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Swab test PCR bagi petugas terminal ini dilakukan jelang pelayanan masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News