Cegah Penyakit Kanker, Yuk Deteksi Sendiri

Cegah Penyakit Kanker, Yuk Deteksi Sendiri
Ilustrasi. Foto healthycare

jpnn.com - BERTAMBAHNYA pengidap penyakit kanker di Indonesia, melatarbelakangi Yayasan Kanker Indonesia (YKI) untuk aktif mensosialisasikan pentingnya pencegahan kanker secara dini.

Hal itu menjadi konsen Ketua YKI, Prof. dr. Aru Wisaksono untuk terus mengadakan penyuluhan di berbagai kesempatan.

"Coba kalian bayangin. Tiap tahun menurut data WHO, ada 8 juta lebih kasus kanker di dunia dan terus bertambah. Di Indonesia berdasarkan data Kemenkes terdapat 0,14 dari penduduk Indonesia yang mengidap kanker," kata Aru di Artotel, Jakarta, Senin (5/9).

Aru menegaskan, pentingnya pencegahan dini untuk melawan penyakit ganas itu merajalela dalam tubuh. Sebab, masalah utama penyakit kanker menjalar biasanya karena kelalaian diri sendiri.

"Intinya dari kita sendiri. Kebanyakan mereka yang mengidap kanker adalah orang yang kurang memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri. Misalkan wanita yang rentan terkena kanker payudara, coba deteksi sendiri. Bisa menekan organ intim, apakah ada benjolan atau rasa nyeri yang tidak biasa. Jika ada tanda seperti itu harus segera periksa," tandas Aru. (mg5/chi/jpnn)


BERTAMBAHNYA pengidap penyakit kanker di Indonesia, melatarbelakangi Yayasan Kanker Indonesia (YKI) untuk aktif mensosialisasikan pentingnya pencegahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News