Cegah Penyebaran Varian Baru Virus Corona, Begini Saran Wakil Ketua MPR RI

Cegah Penyebaran Varian Baru Virus Corona, Begini Saran Wakil Ketua MPR RI
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat SS, MM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 harus menjadi kewajiban dalam keseharian masyarakat untuk menghadapi potensi penyebaran varian baru virus corona di tanah air.

“Munculnya sejumlah varian baru virus corona di sejumlah negara merupakan peringatan bagi kita untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten dalam keseharian,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/4).

Mbak Rerie sapaan Lestari mengatakan ledakan penyebaran varian baru Covid-19 menyebabkan penambahan lebih dari 300 ribu kasus positif Covid-19 per hari di India. Kondisi itu menyebabkan sejumlah warga negara India memilih ke luar negeri untuk menyelamatkan diri, salah satu tujuannya Indonesia.

Pekan lalu, 12 WNA dari India yang masuk Indonesia terdeteksi positif Covid-19.

Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan melarang WNA dari India masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.

Lestari mengapresiasi langkah pemerintah itu. Peristiwa ledakan kasus positif Covid-19 di sejumlah negara harus direspons dengan kebijakan yang tegas dan antisipatif untuk mencegah penyebaran varian baru virus corona lebih masif di tanah air.

Politikus Partai Nasdem itu mengatakan masyarakat harus terus meningkatkan disiplin penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan dalam keseharian.

Contoh terkini yang juga harus diwaspadai di dalam negeri  terjadi pekan lalu di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat memberikan saran dalam upaya menghadapi potensi penyebaran varian baru virus corona di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News