JPNN.com

Cegah Rencana Jahat, Amerika Hajar Perusahaan Republik Islam Iran

Jumat, 04 Desember 2020 – 16:29 WIB
Cegah Rencana Jahat, Amerika Hajar Perusahaan Republik Islam Iran - JPNN.com
Bendera Amerika Serikat. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada sebuah perusahaan asal Republik Islam Iran yang diduga terlibat dalam riset senjata kimia.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Keuangan AS mengatakan pihaknya telah menjatuhkan sanksi kepada Shahid Meisami Group dan salah satu direkturnya.

Entitas tersebut dituding terlibat dalam riset senjata kimia Iran dan menjadi kaki tangan Organisasi Riset dan Inovasi Pertahanan Iran, yang sejak 2014 telah masuk daftar hitam pemerintah AS pada 2014.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan dalam pernyataan itu bahwa AS akan terus melawan upaya apa pun yang dilakukan rezim Iran untuk mengembangkan senjata kimia. 

"Yang dapat digunakan oleh rezim Iran atau kaki tangannya demi memajukan agenda jahat mereka," ujar Mnuchin.

Semua properti dan aset terkait milik perusahaan maupun individu tersebut di AS telah diblokir. Warga AS secara umum dilarang melakukan transaksi dengan mereka.

Selain itu, institusi finansial asing mana pun yang memfasilitasi transaksi signifikan dengan mereka dapat dikenai sanksi.

Langkah ini diambil beberapa hari setelah pembunuhan ilmuwan nuklir papan atas Iran, Mohsen Fakhrizadeh, pada pekan lalu di dekat ibu kota Iran, Teheran.

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil