Cegah Strok dengan Melakukan Hal-hal Postif Ini

Cegah Strok dengan Melakukan Hal-hal Postif Ini
Stroke. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Strok adalah salah satu kondisi yang paling melemahkan dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kemampuannya untuk bicara, mengalami kelumpuhan, kehilangan memori dan bahkan menyebabkan kematian. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka bisa mengambil langkah untuk mengatasi kondisi ini secara proaktif. 

Penelitian menunjukkan bahwa membuat pilihan gaya hidup sehat bisa menurunkan risiko stroke hingga 80 persen. Namun, beberapa faktor risiko, seperti usia, gen, berat lahir, jenis kelamin, dan etnis tidak bisa dikendalikan.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Konsumsi Makanan Manis Terhadap Kolesterol

Di bawah ini adalah beberapa perubahan yang bisa Anda mulai hari ini untuk mencegah strok, seperti dilansir laman Care2.

1. Berhenti merokok

Nikotin dalam rokok meningkatkan tekanan darah, yang bisa meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Merokok juga mengentalkan darah Anda dan menyebabkan penumpukan plak di arteri. Efek-efek ini mengganggu aliran darah ke otak Anda dan akibatnya bisa  meningkatkan risiko stroke.

2. Meningkatkan tingkat aktivitas

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk stroke. Olahraga juga bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, meningkatkan sirkulasi. Jika berolahraga secara teratur adalah perjuangan untuk Anda, pilihlah latihan singkat.

Ada beberapa perubahan yang bisa Anda mulai hari ini untuk mencegah risiko strok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News