Cegah Stroke Lewat 5 Jenis Makanan ini

Cegah Stroke Lewat 5 Jenis Makanan ini
Mewaspadai Stroke Sejak Dini, Ini yang Harus Dilakukan! Foto INT

jpnn.com - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum benar-benar terjadi, Anda bisa mencegah stroke dengan makanan! Faktanya, jenis makanan tertentu memang terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya stroke. 

Beberapa makanan yang dimaksud, antara lain:

1. Buah dan sayur

Tidak hanya lezat, buah dan sayur juga bermanfaat untuk mencegah stroke. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori yang rendah. 

Buah dan sayur membuat Anda kenyang lebih lama tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. Secara tidak langsung, hal tersebut mencegah Anda untuk mengalami obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko stroke.

Supaya optimal mencegah stroke, beberapa buah dan sayur yang dapat Anda jadikan sebagai menu sehari-hari adalah bayam, pisang, tomat, melon atau ubi. 

2. Gandum utuh

Produk yang terbuat dari gandum utuh, seperti serealia, roti gandum utuh dan oatmeal terbukti dapat membantu mencegah stroke. Sebab, makanan sehat yang satu ini mengandung serat larut yang dapat mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah.

Supaya manfaat untuk mencegah stroke benar-benar dirasakan, pastikan Anda tahu batasan dalam mengonsumsi makanan-makanan di atas. Jangan lupa juga untuk mengombinasikan konsumsi makanan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga rutin, cukup

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News