Senin, 17 Juni 2019 – 10:01 WIB

Cek 5 Komponen Kendaraan Sebelum Perjalanan Mudik

Sabtu, 18 Mei 2019 – 13:56 WIB
Cek 5 Komponen Kendaraan Sebelum Perjalanan Mudik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Perjalanan mudik menyambut lebaran Idulfitri 1440 H ke kampung halaman, biasanya menghabiskan waktu berjam-jam. Kondisi ini tentu membutuhkan kendaraan yang prima. Sebelum melakukan perjalanan mudik ada baiknya melakukan cek pada komponen kendaraan yang krusial.

Pengecekan rutin kendaraan memang terlihat sepele, namun sangat penting untuk dilakukan sehingga dapat menekan timbulnya masalah pada kendaraan sampai kepada meminimalisir kondisi fatal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

BACA JUGA: Tips Singkat Tora Sudiro Berkendara di Kampung Halaman Saat Mudik

Berikut lima komponen yang penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik:

  • Kelistrikan dan Air Aki

Pengecekan pada sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik.

Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika terminal aki kendor pada nantinya dapat menyebabkan sistem kelistrikan yang tidak bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kabel pada aki juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pengecekan. Karena jika tidak terpasang dengan baik, maka akan menyebabkan korsleting sehingga dapat menyebabkan kabel aki meleleh bahkan menimbulkan percikan yang mengakibatkan terbakarnya kendaraan.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika air aki kering, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar