Cekal Pejabat Mubarak ke Luar Negeri

Perlonggar Jam Malam, Militer Mesir Janji Wujudkan Demokrasi

Cekal Pejabat Mubarak ke Luar Negeri
Hosni Mubarak. Foto : REUTERS
KAIRO – Setelah menerima mandat dari mantan Presiden Hosni Mubarak untuk menjalankan dan mengendalikan urusan pemerintahan, Dewan Tinggi Angkatan Bersenjata (SCAF) Mesir cepat bertindak. Institusi yang dipimpin Menteri Pertahanan (Menhan) Mohammed Hussein Tantawi, 75, itu kemarin (12/2) melarang para pejabat rezim Mubarak pergi ke luar negeri.

Menurut seorang pejabat Bandara Internasional Kairo, otoritas berkuasa telah menerbitkan daftar orang-orang yang dicekal ke luar negeri. Yakni, para mantan anggota pemerintahan Mubarak maupun para pejabat negara yang masih menduduki posisinya saat ini tidak boleh meninggalkan Mesir tanpa izin dari kejaksaan atau SCAF.

Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu menolak membeberkan identitas orang-orang dalam daftar tersebut. Tetapi, dia menyebut bahwa Menteri Penerangan Anas el-Fiqqi telah menyiapkan kopor untuk terbang ke London, Inggris, kemarin. Tetapi, El-Fiqqi tak jadi muncul di bandara setelah keluar larangan tersebut.

"Instruksi itu dimaksudkan untuk mencegah setiap orang yang bertanggung jawab saat rezim terdahulu (Mubarak, Red) melarikan diri dari negeri ini," tutur pejabat tersebut.

KAIRO – Setelah menerima mandat dari mantan Presiden Hosni Mubarak untuk menjalankan dan mengendalikan urusan pemerintahan, Dewan Tinggi Angkatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News