Cerdas!! Inovasi Pak Camat yang Ramah Lingkungan

Cerdas!! Inovasi Pak Camat yang Ramah Lingkungan
Odong-odong smart. Foto: fajar

jpnn.com - MAKASSAR - Sekilas, modelnya tak jauh beda dengan mobil wisata. Menggunakan tiga roda, bagian belakang pengemudinya dapat menampung empat penumpang. Bagian depan khusus, untuk sopirnya. 

Camat Rappocini Hamri Haiya yang merancangnya. Uniknya, kendaraan ini tak menggunakan bahan bakar fosil, melainkan menggunakan listrik. 

Ya, ini semua tentang inovasi baru. Namanya mungkin akan terdengar lucu. Mirip nama mainan anak-anak yang sering keliling kawasan permukiman penduduk: Odong-odong Smart. Mengadopsi nama beberapa program Pemkot Makassar yang juga memiliki nama belakang smart sebagai bagian program smart city.

"Ada empat baterai yang kami siapkan. Biasanya sekali pengecasan butuh waktu empat jam. Bisa dijalankan hingga jarak 30 kilometer," ungkap Hamri, seperti dikutip dari Fajar.

Menurutnya, kendaraan Odong-odong Smart ini sangat cocok untuk pariwisata. Wisatawan asing bisa menggunakannya untuk keliling Makassar. Atau di kawasan objek wisata tertentu saja. 

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga mencoba kendaraan tersebut di Pantai Losari, kemarin. Dia juga menilai sangat cocok dikembangkan untuk kendaraan wisata di Makassar. 

Bentuk Odong-odong Smart ini memang simpel. Sesederhana namanya. Tetapi, setidaknya ramah lingkungan. (andi syaeful/fajar/adk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News