Cerita Penggali Kubur: Tanah Makamnya Empuk, Mungkin Bu Ani Banyak Amal Ibadah

Cerita Penggali Kubur: Tanah Makamnya Empuk, Mungkin Bu Ani Banyak Amal Ibadah
Petugas Taman Makam Pahlawan Kalibata menggali kuburan untuk Bu Ani Yudhoyono. Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Gundukan tanah berwarna cokelat terlihat di area Blok M, Komplek Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama di Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6) sore. Ternyata lokasi itu sedang digali oleh penggali kubur untuk tempat peristirahatan terakhir bagi almarhumah Kristiani Herrawati Yudhoyono atau dikenal Ani Yudhoyono.

Istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono akan dimakamkan dekat Hasri Ainun Habibie.

Ibu dari dua orang anak itu akan dimakamkan di area Blok M tepatnya nomor 129. Di sekitar makam Ani, terdapat makam sejumlah tokoh di antaranya Ali Alatas, Umar Wirahadi Kusumo, Taufik Kemas dan banyak tokoh lainnya. Letaknya, persis di bawah makam Hasri Ainun Habibie

“Makamnya ini di sebelah Bu Ainun memang dikosongin, permintaan Pak Habibie ingin dimakamkan di sebelah istrinya. Di samping lubang makam bu Ani ini juga kosong, mungkin juga buat Pak SBY kalau beliau wafat nanti,” ujar salah seorang penggali kubur yang tidak ingin disebutkan namanya, Sabtu (1/6) sore.

BACA JUGA: Perkembangan Terbaru: Jenazah Bu Ani Yudhoyono Dijemput Hercules TNI Malam Ini

Tak ada kendala berarti, proses penggalian akhirnya bisa diselesaikan sekitar pukul 17.00 WIB. “Tanahnya empuk banget. Mungkin bu Ani banyak amal ibadahnya, wallahu’alam. Kadang ada yang keras banget. Dikasih air juga susah dicangkul. Isinya bebatuan. Tapi ini buat Bu Ani tidak ada kendala,” tutur dia.

Sementara itu, Kasubdit TMP Nasional Utama Iri Sapria, mengatakan pihaknya bersama Garnisun segera mengambil langkah menentukan lokasi yang akan menjadi peristirahatan terakhir almarhumah begitu ia mendapat kabar duka dari Singapura.

“Jadi ini bukan permintaan keluarga, justru kami menyiapkan. Karena kami juga menyiapkan area yang khusus digunakan untuk penghormatan kepada tokoh-tokoh bangsa. Ya, itu ngumpul di makam bu Ani yang sedang digali itu,” ujarnya.

Di sekitar makam Bu Ani terdapat makam sejumlah tokoh di antaranya Ali Alatas, Umar Wirahadi Kusumo, Taufik Kemas dan banyak tokoh lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News