Cermin Raksasa Asteroid Atasi Global Warming

Cermin Raksasa Asteroid Atasi Global Warming
Cermin Raksasa Asteroid Atasi Global Warming
SKOTLANDIA--Para ilmuwan menyarankan solusi enginering luar angkasa untuk memerangi pemanasan global. Solusi tersebut dengan membangun semacam filter di antara bumi dan matahari diatas sebuah asteroid sehingga mampu menyaring intensitas sinar matahari menuju planet bumi.

Dijelaskan dalam laman livescience, awan debu raksasa di ruang angkasa yang lepas landas dari sebuah asteroid akan bertindak seperti kerai untuk bumi. Hal ini dipandang lebih solutif dibandingkan dengan beberapa proyek kontroversial yang berupaya memanipulasi iklim melalui skala besar proyek-proyek teknik, yang lazim disebut geoengineering. Semisal, mengurangi emisi gas rumah kaca yang menjebak panas matahari serta proyek lainnya.

Daripada mengubah iklim dengan menargetkan lautan atau atmosfer, beberapa peneliti Skotlandia menyarankan geoengineering proyek-proyek yang akan mempengaruhi seluruh planet dari luar angkasa.

Sebagai contoh, proyek-proyek yang mengurangi jumlah radiasi yang diterima bumi hingga 1,7 persen, bisa mengimbangi efek global peningkatan suhu hingga 3.6" f atau sekira 2" C. Sebuah Panel Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) antar pemerintah tentang perubahan iklim (IPCC) telah mencatat model iklim bumi yang menyebutkan kemungkinan akan peningkatan rata-rata suhu global sekitar 11.5 "F  atau 6.4" C pada akhir abad ini.

SKOTLANDIA--Para ilmuwan menyarankan solusi enginering luar angkasa untuk memerangi pemanasan global. Solusi tersebut dengan membangun semacam filter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News