Cetak Laba Tertinggi, ASDP Setorkan Dividen Rp 101 Miliar

Cetak Laba Tertinggi, ASDP Setorkan Dividen Rp 101 Miliar
PT ASDP Indonesia Ferry. Foto dok ASDP

jpnn.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry bakal menyetorkan dividen perusahaan sekitar Rp 101 miliar, sebagai sumbangsih kepada negara.

Hal ini salah satunya didorong transformasi perseroan sepanjang 2022 hingga kembali mengukir sejarah dengan mencetak laba tertinggi sepanjang masa, yakni sebesar Rp 585 Miliar.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengungkapkan dalam RUPS yang digelar pada Senin (26/6) lalu perseroan akan menyetorkan dividen perusahaan sebanyak 18 persen dari laba perseroan pada 2022 atau sekitar Rp 101 miliar.

"Penyerahan dividen ini sebagai bentuk komitmen kami untuk terus berkontribusi untuk negara, khususnya mendorong program-program kerakyatan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar Shelvy.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ASDP merupakan salah satu dari tujuh BUMN non terbuka sebagai penyumbang dividen terbesar.

Dengan demikian, ASDP menjadi BUMN yang turut memberi sumbangsih kepada negara, supaya negara tidak hanya mendapatkan pemasukan dari pajak tetapi juga hasil usaha yang baik.

Di samping itu, manajemen ASDP berhasil melakukan terobosan operasional dan keuangan pasca pandemi Covid-19. Sehingga pada 2022 lalu kembali membukukan kinerja positif dengan mencetak laba bersih tertinggi sepanjang sejarah berdiri Rp 585 miliar.

Shelvy mengatakan ada dua faktor utama yang berkontribusi atas pencapaian ini. Pertama, dari sisi eksternal, adalah dampak pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan oleh pemerintah.

ASDP menjadi BUMN yang turut memberi sumbangsih kepada negara, supaya negara tidak hanya mendapatkan pemasukan dari pajak tetapi juga hasil usaha yang baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News