Chandra Asri, SCG dan Dow Indonesia Bantu Desa Anyar Kelola Sampah 168 Ton

Chandra Asri, SCG dan Dow Indonesia Bantu Desa Anyar Kelola Sampah 168 Ton
Program Masyarakat Bersih Bebas Sampah (MaBBeS) diinisiasi oleh Chandra Asri, SCG Indonesia, dan Dow Indonesia. Foto dok Chandra Asri

jpnn.com, ANYER - Program Masyarakat Bersih Bebas Sampah (MaBBeS) yang diinisiasi oleh Chandra Asri, SCG Indonesia, dan Dow Indonesia, yang didampingi oleh Vital Ocean Indonesia telah berakhir pada Sabtu, (12/11).

Program MaBBes ini telah diimplementasikan di RW 06, Desa Anyar Kabupaten Serang bekerja sama dengan Kelompok Kerja (POKJA) Gupi Mandiri.

Selama setahun pelaksanaannya dari Oktober 2021 sampai Oktober 2022, Program MaBBes telah sukses mengoperasikan Rumah Sampah Terpadu dengan cakupan pelayanan 212 KK, membuka empat lapangan pekerjaan yang berperan sebagai petugas angkut dan pilah.

Total sampah yang dikelola dari program Mabbes mencapai 168,3 ton, dengan 39,9 ton sampah daur ulang dan 25,9 ton total sampah plastik.

Direktur Chandra Asri, Edi Rivai, mengatakan kolaborasi bersama DOW Indonesia dan SCG Indonesia merupakan bentuk komitmen dari industri untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan sistem pengelolaan sampah di Indonesia.

Program Mabbes ini dijalankan berdasarkan prinsip ekonomi sirkular sehingga memastikan sampah yang dihasilkan dapat dikelola secara baik dan menjadi bahan baku untuk produk bernilai lainnya.

"Kami berharap program ini dapat terus berjalan dan berkembang, sehingga menjadi contoh bagi daerah lainnya dan membantu Pemerintah dalam mencapai target penanganan sampah sebanyak 70% pada 2025," jelasnya.

General Business Presiden Direktur Dow Indonesia, Riswan Sipayung, menekankan saat ini, lebih dari sebelumnya, dunia membutuhkan kepemimpinan dalam keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Program Masyarakat Bersih Bebas Sampah (MaBBeS) ini diinisiasi oleh Chandra Asri, SCG Indonesia, dan Dow Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News