Cheonan Tenggelam karena Torpedo

Cheonan Tenggelam karena Torpedo
Cheonan Tenggelam karena Torpedo
SEOUL - Tabir penyebab tenggelamnya kapal perang Korea Selatan, Cheonan, yang berpatroli di wilayah perbatasan bulan lalu, mulai terungkap. Kementerian Pertahanan Korsel mengungkapkan, kapal itu tenggelam akibat ledakan torpedo yang menghancurkan bagian bawah kapal dan menjadikannya dua bagian.

Menteri Pertahanan Korsel, Kim Tae-young menjelaskan, ledakan torpedo itu terjadi hanya beberapa meter di dekat kapal. Tekanan air dari bawah laut merontokkan kapal patroli tersebut. Namun, Kim tidak ingin berspekulasi tentang pihak yang menembakkan torpedo tersebut.

"Pada dasarnya, saya berpendapat bahwa bubble jet effect (efek dorongan air), paling mungkin diakibatkan oleh ledakan torpedo," ujar Kim kepada reporter, Minggu (25/4) kemarin, seperti dikutip Associated Press. Namun dia buru-buru menambahkan bahwa terlalu pagi untuk menentukan penyebab kecelakaan yang menewaskan 40 orang lebih tersebut, karena penyelidikan masih berlangsung.

Seoul tidak secara langsung menuduh Korea Utara sebagai pelaku penembakan torpedo tersebut. Namun kecurigaan itu tetap muncul, karena sejarah provokasi yang selalu dilakukan oleh rezim komunis pimpinan Kim Jong Il tersebut. Bahkan, spekulasi tersebut sudah beredar luas di sejumlah media lokal.

SEOUL - Tabir penyebab tenggelamnya kapal perang Korea Selatan, Cheonan, yang berpatroli di wilayah perbatasan bulan lalu, mulai terungkap. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News