Chico Anggap Kinerja Gibran di Solo Tidak Istimewa, Ada Bukti Dokumen Negara

Chico Anggap Kinerja Gibran di Solo Tidak Istimewa, Ada Bukti Dokumen Negara
Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD (TPN Ganjar - Mahfud) Chico Hakim. Foto: dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud MD (TPN Ganjar - Mahfud) Chico Hakim mengkritisi rendahnya penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surakarta 2023.

Merujuk data Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) per 21 Desember 2023, Chico menyatakan serapan anggaran Pemkot Solo (nama lain Surakarta) menjelang akhir tahun ini hanya sekitar 67 persen.

"Laporan kinerja keuangan Pemkot Surakarta sampai hari ini di mana sudah mau tutup tahun, penyerapan anggarannya masih di angka 60 persenan," kata Chico kepada JPNN.com, Jumat (22/12/2023).

Politikus berlatar belakang pengusaha itu menyebut rendahnya serapan anggaran tersebut menandakan kinerja Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota Surakarta tidak istimewa.

“Rendahnya penyerapan anggaran adalah cerminan dari tidak fokusnya pemkot dalam mengeksekusi program-program yang sudah dicanangkan dan tidak terarahnya kinerja pemkot. Nilainya di bawah rata-rata,” kata Chico.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga menyebut Gibran tidak berhasil dalam merealisasikan target pendapatan asli daerah (PAD) yang dipatok dalam APBD Solo 2023.

Dari target PAD sebesar Rp 820,67 miliar, yang terealisasi baru Rp 548,8 miliar. Jumlah itu setara 66,87 persen dari target.

"Selain rendahnya penyerapan anggaran juga rendahnya realisasi pendapatan asli daerah di angka 66 persen dan hanya 40 persenan untuk PAD yang sah," imbuh Chico.

Chico Hakim mengkritisi rendahnya penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surakarta 2023 di bawah kepemimpinan Gibran sebagai wali kota..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News