China Pamer Kapal Perang Baru, Warganet Tangkap Ancaman Tersirat untuk Taiwan

China Pamer Kapal Perang Baru, Warganet Tangkap Ancaman Tersirat untuk Taiwan
Arsip - Kapal induk pertama China, yang direnovasi dari kapal induk tua yang dibeli dari Ukraina pada 1998, terlihat merapat di Pelabuhan Dalian, Liaoning, 22 September 2012. Foto: ANTARA/Reuters/Stringer/as

jpnn.com, BEIJING - China meluncurkan kapal induk ketiganya yang diberi nama Fujian di Shanghai, Jumat (17/6).

Kapal induk baru itu pertama kali diluncurkan ke laut tepat pukul 11.00 waktu setempat (10.00 WIB).

Dengan bobot lebih dari 80.000 ton, kapal induk terbaru milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) itu dilengkapi dengan pelontar elektromagnetik dan perangkat penangkapan musuh.

Kapal yang sepenuhnya dikembangkan di dalam negeri China itu memiliki dek pendaratan pesawat yang lurus, berbeda dengan Liaoning, kapal induk pertama China yang pada ujung deknya melengkung.

Penamaan kapal induk ketiga PLA dengan Fujian yang merupakan nama provinsi di pesisir timur China yang menghadap ke Taiwan itu menimbulkan spekulasi dari para warganet.

Warganet China mengaitkan nama tersebut dengan situasi terkini di Selat Taiwan.

Dua kapal induk China yang berdinas lebih dulu juga diberi nama provinsi, seperti Liaoning di pesisir timurlaut dan Shandong di pesisir timur.

Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) merangkap Wakil Ketua Komisi Militer Pusat, Xu Qiliang, hadir dalam acara peresmian tersebut.

China meluncurkan kapal induk ketiganya yang diberi nama Fujian di Shanghai beberapa hari lalu

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News