CIFOR : Seni Ukir Jepara Adalah Peradaban

CIFOR : Seni Ukir Jepara Adalah Peradaban
CIFOR : Seni Ukir Jepara Adalah Peradaban
JEPARA - Center For International Fouretry Research (CIFOR) dan mitranya melakukan penelitian untuk perbaikan struktur dan fungsi industri mebel di Jepara melalui Proyek Rantai Nilai Mebel (Furniture Value Chain) yang menggambarkan nilai tambah kayu dari hutan, sampai melewati ragam proses produksi hingga ke pasar.

Koordinator Center For International Fouretry Research (CIFOR) Herry mengatakan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama dua tahun, ada beberapa hambatan yang menjadi masalah yang dihadapi pengrajin mebel di Jepara pada saat ini.

Baca Juga:

"Masalah di jepara itu ada tiga, masalah kualitas produk, bahan baku, serta pemasaran dan modal," kata Herry yang juga sebagai pemimpin kegiatan Proyek Rantai Nilai Mebel di gedung Jepara Trade and Tourism Center (JTTC), Jepara, Rabu (13/7).

Untuk mengatasi masalah tersebut kata Herry, pihaknya telah melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya, workshop penulisan cerita dari para pelaku mebel di Jepara dan workshop Steakholder (2008). Deklarasi Asosiasi Pengrajin Kecil Jepara (AKPJ), dan workshop untuk beradaptasi dengan permintaan pasar Mebel (2009). Pelatihan Pengembangan Mutu dan Manajemen Keuangan Untuk Pengrajin Kecil dan Pelatihan Penelusuran Bahan Kayu (CoC) untuk pasar Ekspor (2010).

JEPARA - Center For International Fouretry Research (CIFOR) dan mitranya melakukan penelitian untuk perbaikan struktur dan fungsi industri mebel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News