Ciptakan Lapangan Kerja Baru, Sukarelawan Sahabat Sandi Beri Pelatihan Membuat Kosmetik Dari Ubi

Ciptakan Lapangan Kerja Baru, Sukarelawan Sahabat Sandi Beri Pelatihan Membuat Kosmetik Dari Ubi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara memberikan pelatihan pemberdayaan UMKM. Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, KOTA CIREBON - Sukarelawan UKM Sahabat Sandi Cirebon mengajak mak-mak mengikuti Pelatihan Body Butter, dari ubi ungu dan jamu kecantikan.

Pelatian tersebut berlangsung di Keraton Kacirebonan, Kota Cirebon.

"Ini merupakan kegiatan yang positif, dan bisa menumbuhkan perekonomian di bidang UMKM, saya berharap peserta pelatihan dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya," kata Sultan Kacirebonan IX, Pangeran Abdul Gani Natadiningrat, Selasa (6/9).

Sementara itu Emma, Ketua UKM Sahabat Sandi Cirebon mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat, khususnya mak-mak agar lebih mandiri dan kreatif.

"Manfaatnya banyak, bisa mencegah penuaan dini hingga mempersehat kulit. Mak-mak diharapkan dapat membuka usaha selepas pelatihan ini, karena Pak Sandi bertanggung jawab memberi kehidupan layak pada rakyatnya, beliau fokus menciptakan 1,1 juta lapangan kerja di 2022," jelas Emma.

Sami, salah satu peserta pelatihan mengaku mengikuti pelatihan tersebut karena dinilai sangat bermanfaat.

Setelah pelatihan dia dapat mengambil ilmunya dan dapat dipraktekan sehingga dapat menghasilkan produk yang bisa dijual.

"Pak Sandi ini sangat memperhatikan rakyatnya untuk hidup layak," puji Sami.

Mak-mak diharapkan dapat membuka usaha selepas pelatihan ini, Karena Pak Sandi bertanggung jawab memberi kehidupan layak pada rakyatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News