Citilink Garuda Gerus Pasar Merpati

Citilink Garuda Gerus Pasar Merpati
Citilink Garuda Gerus Pasar Merpati
JAKARTA - Sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tampaknya harus makin ditingkatkan. Hal ini menjadi urgent jika melihat kondisi dua BUMN aviasi yang berebut pasar yang sama.

Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Sardjono Jhony Tjitrokusumo pun mengeluhkan keberadaan maskapai Citilink milik Garuda, yang beroperasi di pasar menengah ke bawah (low cost carrier/LCC), sama dengan Merpati. "Otomatis, pasar kami tergerus oleh Citilink," ujarnya di Gedung DPR kemarin (16/3).

Sebagaimana diketahui, Garuda Indonesia yang selama ini bergerak di pasar premium industri penerbangan, mulai membidik pasar menengah ke bawah dengan bendera Citilink. Padahal, selama ini, kelas ini menjadi pasar utama Merpati.

Menurut Jhony, adanya Citilink membuat persaingan di pasar menengah ke bawah makin sengit. Pasalnya, selain maskapai domestik, sudah masuk pula maskapai asing seperti Air Asia yang juga mengincar pasar LCC. "Nah, Garuda dan Merpati ini kan sama-sama BUMN, harusnya bisa saling mengatur," katanya.

JAKARTA - Sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tampaknya harus makin ditingkatkan. Hal ini menjadi urgent jika melihat kondisi dua BUMN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News