Ciujung Meluap, Ngungsi di Tol Merak

Ciujung Meluap, Ngungsi di Tol Merak
Ciujung Meluap, Ngungsi di Tol Merak

jpnn.com - SERANG - Ratusan warga korban banjir di empat desa, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten mengungsi di sepanjang jalan Tol Tangerang–Merak, tepatnya di kilometer 57 Selasa (21/1) maIam, pukul 21.00 WIB.

 

Warga memutuskan mengungsi di sepanjang Jalan Tol Tangerang – Merak Iantaran terancam dengan sungai Ciujung yang meluap dan sempat menggenangi permukiman warga sedaIam 50 sentimeter.  Mereka khawatir  luapan air dari dibukanya bendungan Pamarayan, KragiIan, semakin merendam rumah-rumah warga seperti terjadi pada Januari 2013.
 
Ratusan warga yang mengungsi di tol adalah warga Kampung Picon sebanyak 200 KK atau 1.000 jiwa, Undarandir 600 KK dengan 1.700 jiwa, Kampung Mean, (Desa Undarandir) 75 KK dengan 250 jiwa, warga Kampung Palembangan, Krawen, Dukuh, (Desa Dukuh), Kampung Badak Jaya, Hegarmanah, Pasar, Cisereh (Desa Keragilan), dan Kampung Pinggir Kali.

"Itu hanya data sementara. Tapi kemungkinan akan terus bertambah," ujar Babinsa Bintara Pembina Desa Serma, Maman Arifin di lokasi pengungsian, kemarin (22/1).

Sementara Kasi Penanganan Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten Dedi Hasan mengatakan, jumlah warga yang mengungsi di tol Tangerang–Merak masih didata. ’’Data pengungsi masih dihitung, sehingga jumlah pasti belum diketahui,” ujar Dedi, kemarin.

Kendati begitu, sekitar pukul 16.00 WIB, sebagian warga yang mengungsi di ruas Jalan Tol Merak - Jakarta KM 57 sudah mulai meninggalkan tenda pengungsian. Mereka beralasan rumah mereka belum terlalu parah terendam banjir.

’’Kalau rumah saya ketinggiannya hanya 20 sentimeter masuk rumah. Daripada saya di tenda pengungsian lebih baik saya pulang ke rumah,” ujar Sohadi, seorang pengungsi, Rabu (22/1).

Dijelaskanya, Kecamatan Keragilan banyak rumah terendam. Tapi di kampungnya, banjir belum parah. “Tadi saya sempat mengecek ke kampung, belum terendam.  Kampung Tambak Pasir, Cikosong, Palembangan, dan Kampung Duku belum terendam. Rata-rata mereka ikut mengungsi, khawatir banjir cepat meluas,” jelasnya.

SERANG - Ratusan warga korban banjir di empat desa, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten mengungsi di sepanjang jalan Tol Tangerang–Merak,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News