Selasa, 25 September 2018 – 11:42 WIB

Ciutan PM Scott Morrison Picu Kritik

Kamis, 13 September 2018 – 08:00 WIB
Ciutan PM Scott Morrison Picu Kritik - JPNN.COM

Partai Buruh menuntut penjelasan dari Perdana Menteri Australia, Scott Morrison terkait mengunggah pendapat pengusaha makanan ternak bahwa kekeringan dapat dianggap sebagai "kejahatan yang diperlukan" yang membantu "menghilangkan 10 persen" petani.

PM Scott Morrison pada Selasa (11/9/2018) mengunggah cuitan di akun Twitternya sebuah video yang dibagian bawahnya tertera keterangan "perspektif lain tentang kekeringan".

Video didalamnya terdapat komentar dari Michael MacCue, dari Wilga Feedlot di Bellata di wilayah North West, New South Wales.

"Di satu sisi kekeringan adalah sebuah kejahatan yang diperlukan. Karena itu bisa membantu memangkas 10 persen pelaku industri peternakan yang berada di lapisan paling bawah yang mungkin seharusnya tidak ada di sana," kata MacCue.

Di akhir film pendek itu, yang berfokus pada kesiapan peternak menghadapi kekeringan, sebuah otorisasi disediakan untuk membenarkan kalau video itu dibuat atas nama "Scott Morrison, Partai Liberal, Canberra".

Menteri Pertanian bayangan dari kubu oposisi, Joel Fitzgibbon mengatakan kepada Parlemen bahwa komentar semacam itu tidak akan dipromosikan oleh mantan perdana menteri Koalisi Malcolm Turnbull atau Tony Abbott.

"Mengapa pada saat yang sama di saat orang Australia melakukan upaya luar biasa untuk membantu petani kita di musim kemarau, Perdana Menteri [Scott Morrison] justru mempromosikan materi yang menolak para petani yang paling terdampak?" kata Joel Fitzgibbon bertanya pada Perdana Menteri.

Awalnya PM Scott Morrison mengatakan "bagian yang dipersoalkan " itu "seingatnya tidak diberitahukan kepadanya dan dia akan "senang hati" jika Joel Fitzgibbon memberinya rincian.

"Saya akan dengan senang hati memeriksanya," kata Scott Morrison.

Seusai siang tanya jawab di Parlemen, Perdana Menteri Scott Morrison kembali ke parlemen untuk memberikan pembaruan lebih lanjut.

"Materi yang dimaksud adalah komentar dari operator di barat laut NSW, Michael dan Sandy, yang menjelaskan apa arti kekeringan bagi mereka," kata Morrison.

"Cara Pemerintah koalisi menanggapi kekeringan adalah dengan pergi ke sana dan mendengarkan apa yang dikatakan orang-orang di pedesaan dan kawasan setempat kepada kami.

"Saya akan mendengarkan pandangan mereka, bukan menyensor mereka."

Dia mengatakan, Partai Buruh, yang ia gambarkan sebagai "partai yang memicu anarki " mungkin ingin "menutup telinga mereka terhadap suara-suara dari warga di pedalaman, tetapi Pemerintahan Nasional Liberal tidak akan pernah melakukan hal demikian".

Juga selama sesi tanya jawab, Menteri Pertanian David Littleproud membuat komentar tentang pentingnya bantuan dari pemerintah, setara dengan tunjangan pengangguran, bagi petani yang kesulitan membayar tagihan mereka karena tekanan kekeringan.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

 
SHARES
Komentar