Kamis, 20 September 2018 – 01:31 WIB

Cobalah Berhentilah Merokok Dengan Cara ini

Sabtu, 14 Juli 2018 – 05:29 WIB
Cobalah Berhentilah Merokok Dengan Cara ini - JPNN.COM

jpnn.com - Merokok terbukti bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh, baik jangka pendek maupun panjang.

Namun, bagi pencandu rokok, kebiasaan ini bisa sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk membantu Anda, coba lakukan hal di bawah ini:

1. Berhentilah merokok secara bertahap. Kurangi jumlah batang rokok yang Anda isap secara bertahap tapi pasti. Lakukan cara ini hingga Anda benar-benar bisa berhenti merokok. Tetapkan target yang harus dipatuhi dan dicapai, dan kurangi terus jumlah rokok Anda.

2. Hindari tempat-tempat yang bisa menimbulkan keinginan untuk merokok, misalnya tempat umum yang menyediakan area merokok. Jika Anda memang perlu untuk ke tempat umum, carilah yang memiliki tanda larangan untuk merokok.

3. Anda bisa mengalihkan pikiran untuk merokok dengan melakukan aktivitas positif yang Anda sukai, seperti berkumpul bersama teman atau keluarga, berkutat lagi dengan hobi lama, berolahraga, jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kemungkinan untuk merokok semakin kecil.

4. Anda membutuhkan dukungan orang-orang di sekitar untuk berhenti merokok. Mintalah dukungan dari keluarga dan sahabat. Biarkan mereka tahu apa yang Anda harapkan agar bisa berhenti merokok. Bila perlu, lakukan kegiatan positif bersama-sama dengan mereka.

Merokok bisa mengakibatkan berbagai penyakit, salah satunya memicu tekanan darah tinggi. Jika ini terjadi, Anda lebih berisiko mengalami penyakit jantung dan stroke.
Selain itu, bahaya merokok tak hanya dirasakan perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Bahkan, ada beberapa penyakit yang risikonya sama tinggi baik pada perokok aktif maupun pasif.

Untuk menghindari segala macam penyakit yang diakibatkan oleh rokok, bulatkan tekad Anda untuk berhenti merokok demi kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.(RN/ RVS/klikdokter)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar