Corona di Indonesia, Dari 2 Hingga 1.528

Corona di Indonesia, Dari 2 Hingga 1.528
Warga turun dari motornya saat pemberlakuan penutupan akses wilayah di Kompleks Pondok Jaya, Jakarta Selatan, Senin (30/3). Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/foc

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengumumkan dua kasus pasien positif tertulari virus corona, Senin 2 Maret 2020, alias satu bulan yang lalu.

Seperti bendera start diangkat, masyarakat Indonesia berlomba-lomba belanja kebutuhan bahkan di pasar masker hilang, hand sanitizer sulit ditemukan, bahkan alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis ikut habis.

Ditambah lagi dengan berseliweran hoak melalui media massa dan jaringan pertemanan tentang pandemi itu. Polda menyebutkan sudah ada 43 kasus hoaks yang ditangani serta beberapa pelakunya sudah mendekam dalam penjara.

"Panic buying' juga menjadi fakta yang menyertai selama pandemi terjadi. Bahkan sehari pascadiumumkan, warga Jakarta berbondong-bondong mendatangi pusat perbelanjaan, memborong perbekalan mulai dari bahan pokok, tisu hingga makanan kalengan.

Pengamat Sosial dari Universitas Indonesia Devie Rahmawati mengatakan 'panic buying' sebagai reaksi alamiah manusia yang merespon situasi yang tidak terkendali.

'Panic buying' tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi negara-negara seperti Amerika dan Eropa juga mengalami kejadian serupa.

"'Panic buying' bagian dari upaya manusia untuk memastikan dirinya dan keluarganya siap menghadapi situasi," kata Devie.

Dia melihat, di tengah 'panic buying' tersebut ada kondisi di mana masyarakat tidak mendapatkan informasi yang utuh tentang penanganan COVID-19 di Indonesia.

Selain soal corona di Indonesia, Anda bisa melihat angka kasus di negara lain di dalam berita ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News