Corona Melambat di Eropa, WHO Ingatkan soal Kebangkitan yang Mematikan

Corona Melambat di Eropa, WHO Ingatkan soal Kebangkitan yang Mematikan
Direktur General WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada pertemuan Munich Security Conference di Jerman (15/2/2020). Tedros menyatakan optimismenya pada COVID-19 bisa dikendalikan. Foto: REUTERS/ANDREAS GEBERT

jpnn.com, JENEWA - WHO menyambut baik perlambatan wabah virus corona di negara-negara yang paling parah terdampak di Eropa. Namun, organisasi tersebut memperingatkan akan bahaya mencabut pembatasan terlalu dini.

"Pencabutan pembatasan dapat menyebabkan kebangkitan yang mematikan," kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus saat jumpa pers.

Menurutnya, telah terjadi perlambatan yang menggembirakan di Italia, Jerman, Spanyol dan Prancis. Namun, secara bersamaan terjadi akselerasi yang mengkhawatirkan di 16 negara Afrika.

Beberapa kota di dunia mulai melonggarkan karantina wilayah. Salah satunya Tiongkok yang mencabut status karantina wilayah di Wuhan.

Namun, tak sedikit kota-kota yang periode status karantina wilayahnya justru diperpanjang karena khawatir bahwa pencabutan akan memperparah penyebaran virus yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya itu.

Otoritas di Afrika Selatan memperpanjang status karantina wilayah selama dua pekan dan akan berakhir pada akhir April.

Wali Kota London Shadiq Khan termasuk pihak yang tak akan mencabut status karantina wilayah London. Dia memperkirakan bahwa corona di London masih akan memuncak penyebarannya dalam waktu beberapa hari lagi. (ant/dil/jpnn)

WHO menyambut baik perlambatan wabah virus corona di negara-negara yang paling parah terdampak di Eropa. Namun, organisasi tersebut memperingatkan akan bahaya mencabut pembatasan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News