COVID-19 Mengganas, 584 Kiai Wafat, HNW Ingatkan Pemerintah Begini

COVID-19 Mengganas, 584 Kiai Wafat, HNW Ingatkan Pemerintah Begini
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menyoroti kehidupan para tokoh agama di tengah situasi mengganasnya COVID-19.

HNW mendesak kementerian agama segera meningkatkan program bantuan dan perlindungan bagi para tokoh agama, kiai dan santri.

"Saya mendesak Kementerian Agama lebih serius melaksanakan program bantuan dan perlindungan bagi tokoh agama, kiai dan santri antara lain melalui percepatan vaksinasi COVID-19," ujar HNW dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (6/7).

HNW juga menyampaikan keprihatinan atas meningkatnya jumlah tokoh agama yang wafat di masa pandemi COVID-19.

Berdasarkan data yang disampaikan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama, sekitar 584 kiai wafat selama pandemi COVID-19, hingga 4 Juli 2021.

HNW menyebut angka tersebut akan meningkat apabila ditambah data habaib/kiai/ulama/ustaz yang wafat akibat COVID-19 dari ormas Islam lain selain NU.

HNW dalam kesempatan kali ini tak lupa mendorong pesantren, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) hingga Lembaga Amil Zakat memperbanyak program beasiswa bagi santri sebagai calon ulama, dalam rangka meningkatkan program kaderisasi kiai/ulama.

"Pemerintah khususnya kemenag harus serius bantu dan melindungi tokoh agama, kiai dan santri karena COVID-19 sudah menjatuhkan korban dari banyak tokoh agama dan ulama."

COVID-19 mengganas, data menunjukkan sudah 584 kiai wafat, HNW mengingatkan pemerintah begini

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News