Crane Roboh Tewaskan 4 Pekerja, Ini Peringatan bagi BUMN

Crane Roboh Tewaskan 4 Pekerja, Ini Peringatan bagi BUMN
Kantor Kementerian BUMN. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Moh Nizar Zahro menilai musibah robohnya crane pada proyek double-double track (DDT) kereta api di Jatinegara, Jakarta Timur sebagai peringatan bagi perusahaan BUMN.

"Ini juga peringatan bagi BUMN yang mengerjakan infrastruktur tidak hanya mengejar target penyelesaian secara terburu-buru. Tetapi juga memperhitungkan faktor keselamatan pekerja dan memastikan kelaikan alat crane yang dipakai," ucap Nizar kepada jpnn.com, Minggu (4/2).

Untuk itu harus diselidiki dan ditindaklanjuti apakah crane proyek pembangunan DDT yang digunakan oleh kontraktor pelaksana dalam hal ini PT Hutama Karya (HK), laik pakai atau tidak. Terlebih, HK merupakan BUMN yang profesional.

Semestinya, kata politikus Gerindra ini, kalau memang dalam keadaan hujan dan diperkirakan licin sehingga menyebabkan crane roboh, atau tidak kuat menahan beban yang terlalu berat, semua seharusnya telah diperhitungkan PT HK secara cermat.

Supaya kejadian ini tidak terjadi kembali, pihaknya meminta Komite Keselamatan Konstruksi (KKK), memastikan aspek keamanan dalam setiap pekerjaan konstruksi terpenuhi.

"Perlu dilakukan audit khusus untuk mengetahui penyebab pastinya. Karenanya, salah satu tugas KKK bekerja sama dengan Bareskrim Polri segera melakukan investigasi atas kecelakaan konstruksi itu. Sebab, aturan hukum di Indonesia mengatur sanksi atas kelalaian konstruksi yang mengakibatkan kecelakaan," tutur Nizar.

Terhadap para korban, PT HK sebagai pelaksana proyek tersebut juga wajib bertanggung jawab atas jatuhnya korban jiwa sesuai Pasal 61 ayat (5) Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.(fat/jpnn)


Untuk itu harus diselidiki dan ditindaklanjuti apakah crane proyek pembangunan DDT yang digunakan oleh PT Hutama Karya laik atau tidak.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News