CSR Bukan Sekedar Uang

CSR Bukan Sekedar Uang
HI END: LG menghadirkan salah satu produk terbarunya, televisi LG Ultra High Definition (UHD TV). Dimana pada 2014 penjualannya ditargetkan meningkat sepuluh kali lipat dibanding 2013 dan 2012. FOTO: Thomas Kukuh/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan. Melalui CSR, tercipta ekosistem atau lingkungan industri yang menyeluruh. Menanggapi hal itu, perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia terus berkomitmen membuktikan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat. 

Direktur Jenderal Korea Trade-Investment Promotion Agency (Kotra) Song Yoo-hwang mengatakan, Korea Selatan merupakan investor terbesar ketiga di Indonesia. Pada 2012, nilai investasinya mencapai USD 2 miliar (sekitar Rp 24,3 triliun). Karena itu, suah sepatutnya perusahaan-perusahaan Koera ikut membantu perekonomian lokal. 

Menurutnya, kegiatan CSR itu bisa membantu pengentasan problem sosial. Untuk mengapresiasi kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan-perusahaan Korea di Indonesia, Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea bekerjsama dengan Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Kedutaan Korea Selatan dan Kotra memberikan penghargaan CSR Award kepada enam perusahaan Korea di Indonesia. 

Keenam perusahaan itu adalah PT LG Innotek Indonesia, PT CJ Indonesia, PT Lotte Shopping Avenue Indonesia, PT Samsung Electronic Indonesia, PT Aneka Panel Indonesia dan PT Bank Woori Indonesia. 

Penghargaan CSR Award itu dilakukan dalam acara Korea-Indonesia CSR forum 2013 and CSR Excellence Award 2013 Ceremony di Hotel Shangri-La kemarin (18/12). 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofian Wanandi mengatakan CSR penting dilakukan. 

Sofian mengatakan, pemberian CSR yang dilakukan perusahaan Korea tidak diberikan begitu saja kepada masyarakat. Sebab, budaya masyarakat Indonesia berbeda dengan Korea. "Apalagi ada masyarakat yang pikirannya negatif. Ada yang membantu malah cirugai," katanya. 

Chairman Korea Chamber of Commercein Indonesia (Kocham) C.K. Song menambahkan, ada lebih dari dua ribu perusahaan Korea di Indonesia. Menurutnya, perusahaan bertanggung jawab membantu masyarakat. "Padahal bukan itu, CSR itu lebih dari sekedar donasi, tapi membantu komunitas dan saling sinergi," katanya. (puj/nas/mas) 

JAKARTA - Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan. Melalui CSR, tercipta ekosistem atau lingkungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News