CTI Dijamin Tidak 'Ganggu' APBN

CTI Dijamin Tidak 'Ganggu' APBN
CTI Dijamin Tidak 'Ganggu' APBN
JAKARTA - Adanya deklarasi Coral Triangle Initiative (CTI) Summit pada World Ocean Conference (WOC) di Manado beberapa waktu lalu, dipastikan akan memberikan keringanan bagi pemerintah terutama dalam hal penyelamatan lingkungan laut. "Dengan adanya deklarasi ini, beberapa negara termasuk Indonesia, telah memberikan sumbangan dana untuk beberapa program penyelamatan lingkungan laut," terang Menteri Perikanan dan Kelautan Freddy Numberi, Senin (18/5).

Disebutkan Freddy, pemerintah Indonesia menyumbangkan dana sebesar USD 5 juta, sementara negara Malaysia menyumbang sebesar USD 1 juta, Papua Nugini sebesar USD 2 juta, serta Filipina sebesar USD 5 juta. "Dengan dana urunan itu, sekretariat akan mengongkosi beberapa program penyelamatan lingkungan laut tersebut, dan ke depannya diusahakan untuk tidak lagi menggunakan dana APBN, sehingga tidak membebani pemerintah," tegas Freddy.

Sekadar untuk diketahui, seperti sempat dijelaskan Freddy, CTI merupakan tindak lanjut dari Deklarasi APEC di Sydney, Australia, 9 September 2007 lalu. Di mana dari pertemuan tersebut, pada intinya Delegasi APEC menyambut positif inisiatif Indonesia dalam rangka pelaksanaan program Coral Triangle Initiative on coral reefs, fisheries and food security. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan sumber hayati laut terumbu karang di wilayah segitiga terumbu karang. (cha/JPNN)

JAKARTA - Adanya deklarasi Coral Triangle Initiative (CTI) Summit pada World Ocean Conference (WOC) di Manado beberapa waktu lalu, dipastikan akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News