JPNN.com

Cuekin Indonesia? Tiongkok Bakal Kehilangan Teman

Rabu, 23 Maret 2016 – 05:51 WIB Cuekin Indonesia? Tiongkok Bakal Kehilangan Teman - JPNN.com

JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mendukung nota protes Pemerintah Indonesia yang dilakukan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada Pemerintah Tiongkok dalam kasus pelanggaran di wilayah perairan Indonesia oleh kapal nelayan dan armada Coast guard Tiongkok.

"DPR mendukung penuh nota protes Pemerintah Indonesia yang dilakukan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Pemerintah Tiongkok sebagai reaksi terhadap pelanggaran wilayah perairan Indonesia oleh kapal nelayan dan armada Coastguard Tiongkok," kata Mahfuz, Selasa (22/3).

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, kasus tersebut merupakan pelanggaran serius yang menang harus disikapi.

"Pihak Tiongkok mestinya menjaga kepercayaan (trust building) dengan Indonesia. Insiden pelanggaran ini bisa menggoyahkan pondasi bangunan kepercayaan kedua negara yang sedang dibangun," tegas dia.

Karena itu, Mahfuz meminta Pemerintah Tiongkok harus sungguh-sungguh merespons nota protes Indonesia ini. "Jika tidak, maka Tiongkok akan bisa kehilangan teman dalam peran-peran yang sedang dikembangkannya di berbagai kawasan," pungkasnya.(fas/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...