Curhat Jadi Korban Pemberitaan, SBY Dianggap Berlebihan

Curhat Jadi Korban Pemberitaan, SBY Dianggap Berlebihan
Curhat Jadi Korban Pemberitaan, SBY Dianggap Berlebihan

jpnn.com - JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa dirinya menjadi korban korban pers justru mengundang kritik. Pasalnya, pengakuan SBY itu dinilai sudah berlebihan.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin, curahan hati alias "curhat" SBY di acara PWI di Banjarmasin kemarin (23/10) itu patut disesalkan. "Seorang kepala negara mengaku menjadi korban pers, apakah ini tidak berlebihan? Karena yang bicara itu seorang presiden, maka pernyataan ini juga dapat  dipersepsikan  memojokkan media untuk ukuran  era demokrasi seperti sekarang  ini," kata Hasanuddin di Jakarta, Kamis (24/10).

Mantan Sekretaris Militer Kepresidenan yang kini berkiprah sebagai politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, salah satu fungsi pers adalah sebagai pengontrol, termasuk mengontrol pemerintah. Karenanya pula, pers disebut sebagai salah satu pilar demokrasi .

Hasanuddin menegaskan, sesuai UU Pers maka seseorang yang merasa dirugikan oleh pemberitaan bisa mengajukan hak jawab  atau membawanya ke Dewan Pers. Namun dalam konteks keluhan SBY itu, Hasanuddin menganggapnya sebagai hal yang tak bijak.

Pensiunan TNI yang pernah menimba ilmu di Sorbonne University, Prancis itu mencontohkan masih banyaknya kekerasan terhadap wartawan di daerah. Menurutnya, hal itu karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti fungsi, tugas  dan peran pers di era demokrasi.

"Jadi semoga pernyataan SBY itu tak menjadi panutan di daerah-daerah sehingga menimbulkan kebencian bahkan anarkistis terhadap insan pers. Seorang pemimpin seharusnya mampu memberi contoh dan mencerahkan pendidikan politik kepada rakyatnya," pungkas Hasanuddin.(ara/jpnn)


JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa dirinya menjadi korban korban pers justru mengundang kritik. Pasalnya, pengakuan SBY


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News