Cuti Selama Kampanye, Ahok-Djarot Tetap Dapat Beras

Cuti Selama Kampanye, Ahok-Djarot Tetap Dapat Beras
Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan sang wakil Djarot Saiful Hidayat tak perlu cemas terkait gaji dan tunjangan saat kampanye Pilkada DKI 2017.

Pasalnya, keduanya akan memperoleh gaji maupun tunjangan jabatan.

Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antarlembaga (FKDH) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengatakan, fasilitas tersebut melekat pada petahana.

Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menyebut, petahana yang mengikuti pilkada wajib cuti di luar tanggungan negara.

"Memang kami atur di Pasal 10 Permendagri Nomor 74/2016 (yang mengatur cuti bagi kepala daerah). ada tujuh item masih boleh diterima seorang pejabat yang maju. Yaitu gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan anak, istri, beras, keselamatan kerja dan kecelakaan. Itu hal yang melekat pada dirinya," ujar Akmal, Rabu (12/10).

Menurut Akmal, petahana tidak akan memperoleh fasilitas pendukung saat cuti. Di antaranya adalah kendaraan dinas dan ajudan.

Fasilitas pendukung tersebut, kata Akmal, selanjutnya akan digunakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah yang ditunjuk Kemendagri.

"Iya (digunakan Plt) karena memang untuk mendukung kinerja Plt," ujar Akmal. (gir/jpnn)


JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan sang wakil Djarot Saiful Hidayat tak perlu cemas terkait gaji dan tunjangan saat kampanye


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News