CV Semesta Berjaya Akui Irman Gusman Minta Fee

CV Semesta Berjaya Akui Irman Gusman Minta Fee
Irman Gusman. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Terdakwa Memi mengaku mantan Ketua DPD Irman Gusman, pernah meminta bagian keuntungan atas upayanya membantu perusahaan mendapatkan jatah kuota distribusi gula impor Bulog di Sumatera Barat. Memi juga mengaku sudah menyampaikan permintaan itu kepada suaminya, Direktur Utama CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto.

"Pak Irman Gusman maunya bagi hasil. Saya  sampaikan ke suami, Pak Irman Gusman minta fee," tegas Memi saat menjalani sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (29/11).

Dia mengatakan, Irman sudah membantu perusahaanya sehingga bisa mendapatkan jatah pembelian gula impor dari Bulog.

Menurut dia, Irman meminta bagian Rp 300 per kilogram untuk total permintaan distribusi gula 3.000 ton. Memi mengatakan, Irman berminat untuk bisnis.

"Pak Irman bilang dia berminat untuk bisnis," katanya.

Dia menjelaskan, awalnya mendatangi kediaman Irman di Jakarta Selatan. Ia menceritakan kelangkaan dan kenaikan harga gula di Sumbar. Irman berjanji membantu dan akan menghubungi Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

Setelah itu, Irman mengatakan kepada Memi harga gula Bulog lebih rendah yakni mencapai Rp 11.200 per kilogram. Karenanya Irman kemudian meminta kompensasi atas bantuan yang telah dilakukannya.

Lebih lanjut, Memi juga mengaku bahwa dia memasukkan uang Rp 100 juta ke dalam amplop cokelat untuk Irman. Uang itu sebagai tanda terima kasih atas bantuan Irman.

JAKARTA - Terdakwa Memi mengaku mantan Ketua DPD Irman Gusman, pernah meminta bagian keuntungan atas upayanya membantu perusahaan mendapatkan jatah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News